belajar animasi 3D: Prak 14 – 3-point Light Setup

Rabu, 10 Juni 2015

Prak 14 – 3-point Light Setup

1. Tujuan

Mengenal tata lampu pada media 3D melalui praktek tata lampu 3-point lighting

2. Alat

Blender 2.7+
Cycles Render

3. Bahan

4. Dasar Teori

A. Lighting Component

Salah satu komponen lighting adalah shadow. Shadow memberi informasi bentuk bagi sebuah objek.
Shadow juga berfungsi sebagai informasi posisi objek terhadap environment.
Penguasaan shadow, akan membantu kita untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

B. Lighting Setup

Lighting setup adalah tata lampu yang melibatkan satu atau lebih lampu yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda untuk mencapai tujuan yang sama.
Dalam 3 point lighting, terdapat 3 lampu yang digunakan. Masing-masing lampu tersebut ada yang berfungsi sebagai key light, fill light, dan back light.
fungsi dari masing-masing lampu adalah sebagai berikut:
  1. Key light berfungsi sebagai sumber cahaya utama
  2. Fill light berfungsi untuk membuat shadow dari key light menjadi lebih soft
  3. Back light berfungsi untuk membuat outline dari objek
Gunakan simulator ini untuk melihat efek dari masing-masing lampu.
secara umum tata lampunya relatif terhadap objek dan kamera adalah sebagai berikut
3 Point Light Setup

C. Membuat Lamp pada Cycles Render

5. Petunjuk Praktikum

6. Kegiatan Praktikum



  1. Aplikasikan teknik 3 point lighting pada 3D model yang sudah kalian buat sebelumnya.

  1. Aplikasikan teknik 3 point pada model ben simmond

  1. Aplikasikan teknik 3 point pada model sintel

8. Kesimpulan yang diharapkan

dari hasil praktikum yang telah dilakukan dpat di simpulkan bahwa pencahayaan di pengaruhi oleh besar kecilnya plane yang kita buat, selain itu penempatan lampu juga berpengaruh terhadap cahaya yang di hasilkan. dan yang utama adalah intensitas cahaya. yang tdapat di atur pada emission pada bagian strenght

9. Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar